Pantai Sanur : Keindahannya Mendunia

0
26

Pantai  Sanur merupakan sebuah pantai, yang terletak di Provinsi Bali, yang selalu ramai di kunjungi wisatawan, baik dari dalam, maupun luar negeri.  Pantai ini, mulai diperkenalkan oleh wisatawan asal Belgia, bernama A.J Le Mayeur, dengan cara membuat sebuah lukisan indah, yang bertemakan keindahan pantai ini, pada tahun 1937. Pantai ini menyuguhkan keindahan pasir pantai yang berwarna putih bersi, ombak laut yang tenang, memiliki spot indah matahari terbit, dan dilengkapi fasilitas perahu dayung tradisional, yang berbaris di pinggir pantai. Oleh karena memiliki ombak yang tenang, pantai ini memiliki sarana kegiatan wisata air, seperti: snorkeling, menyelam, juga kegiatan menaiki perahu kano. Ombak tenang yang dimiliki pantai ini, juga dapat digunakan berenang, dengan memberikan rasa aman dan nyaman. Pantai ini juga sering digunakan sebagai jalur jogging, yang jalurnya terbentang dari arah Utara hingga Selatan pantai ini. Pantai ini juga dihiasi oleh batu karang , yang memiliki warna-warni indah.

Pantai ini juga dibangun banyak sarana penunjang, seperti hotel, resort, villa, dan bungalow, bagi para wisatawan yang ingin bermalam untuk menikmati keindahan Pantai Sanur ini. Di kawasan ini, didirikan hotel pertama di Bali, yang bertaraf hotel bintang lima, yang bernama Bali Beach Hotel. Para wisatawan yang ingin mengunjungi kawasan wisata ini, mereka dapat menggunakan jalur udara. Setelah sampai di Bandara I Gusti Ngurahrai, yang terletak di Kecamantan Tuban. Jarak anatara Tuban dan kawasan wisata ini hanya berjarak sekitar 10 hingga 15 kilometer saja, dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar setengah jam. Kawasan ini juga dlintasi fasilitas tol, yang bernama Bali Mandara. Sealin itu dikawasan ini, juga dilengkapi dengan transportasi berupa taxi ,

Di sekitar pantai ini, juga terdapat pantai dan kawasan wisata lain, yang tidak kalah indah pemandangannya, yang jaraknya cukup berdekatan. Bila para wisatawan berjalan menuju Utara, maka mereka akan melihat keindahan Pantai Galak. Apa bila mereka berjalan kea rah Selatan Pantai Sanur, maka mereka akan menikmati indahnya pemandangan hutan mangrove. Di kawasan Pantai Sanur, memiliki kawasan yang mengadakan kegiatan wisata air, yang jarang terdapat di kawasan pantai lainnya, yaitu Sea Walker, atau berjalan dalam air. Bila didengar dari namanya, banyak orang berfikiran, bahwa kegiatan ini harus diikuti oleh seseorang yang memiliki keahlian berenang. Padahal, pada kenyataannya, kegiatan air ini juga dapat, bahkan dapat diikuti oleh wisatawan yang tidak memiliki keahlian berenang. Harga yang harus dibayarkan untuk dapat menikmati kegiatan ini, juga cukup fantastis. Para wisatawan harus membayar biaya sebesar 625.000 rupiah. Selain kegiatan wisata air, Pantai Sanur ini juga menyuguhkan keindahan taman anggrek.

Bagi para wisatawan yang memiliki hobi wisata kuliner, kawasan ini banyak didirikan restaurant, yang banyak berada di Jalan Danau Poso dan Jalan Danau Tamblingan. Andalan menu di daerah ini adalah menu nasi campur. Di kawasan Pantai Sanur, juga memiliki kawasan untuk mereka yang memiliki hobi bersepeda, yang dibangun sepanjang 4 kilometer. Kawasan ini juga memiliki banyak tempat pembeliah buah tangan, malah tbanyak yang dijual di area shopping mall. Di kawasan ini terdapat du shopping mal yang terbesar dan terlengkap, yaitu: Mal Bali Galeria dan Mall Level 21.