Sejuta Cerita Indah Tasikmalaya

0
324

Tasikmalaya adalah kota di Jawa Barat, Indonesia. Kota ini sering dijuluki “Kota Seribu Pesantren” karena di dalam kota ini banyak didirkan pesantren. Terletak sekitar 120 kilometer, ata u sekitar 75 mil, wilayah  tenggara ibukota provinsi Bandung, Tasikmalaya dilalui oleh Rute Nasional Indonesia 3. Kota ini terletak di daerah Preanger pegunungan di Jawa pada ketinggian 351 meter, atau sekitar 1.151 kaki. Kabupaten Tasikmalaya memiliki area seluas 2.708,81 km2 atau 270.881 ha, 39 distrik administratif dan 351 desa, dan tiga kabupaten pesisir dan laut, Cikalong, Cipatujah dan Karangnunggal, dari 56 km. Wilayah Kabupaten Tasikmalaya memiliki ketinggian antara 0 hingga 2.500 meter di atas permukaan laut. Secara umum, wilayah ini dibedakan oleh tingginya, yaitu: utara adalah wilayah pegunungan dan selatan, wilayah pegunungan yang terletak antara 0 dan 100 meter di atas permukaan laut. Pada tahun 2017 lalu,  tempa bumi juga terjadi di wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat. Gempa dilaporkan berkekuatan 7,3 skala Richter. Pusat gempa berada di 43 kilometer pada wilayah barat daya dari Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Gempa tersebut bergetar di kedalaman 105 km.

Wilayah Tasikmalaya mempunyai objek wisata yang sangat lengkap, mulai dari wisata budaya hingga wisata alam yang sangat menarik untuk di kunjungi. Misalnya, kawasan wisata Pantai karang tawulan yang berlokasi di Cilembang Kecamatan Cihideung Tasimalaya. Pantai ini memang belum terkenal di kalangan penggila wisata, karena untuk menuju ke pantai ini pun aksesnya tidak begitu mudah. Jarak dari wilayah kota Tasikmalaya ke Pantai Karang tawulan adalah sekitar 90 kilometer. Kawasan wisata ini terletak di  perbatasan antara kedua kabupaten yaitu kabupaten tasikmalaya dan kabupaten ciamis. Kondisi hidrologis Kabupaten Tasikmalaya terdiri dari cekungan drainase besar dan sungai kecil, yang merupakan bagian dari sistem drainase, dipengaruhi oleh kondisi topografi dan struktur fisiografi Kabupaten Tasikmalaya. , Cipatujah, Citanduy dan Sungai Ciwulan. Pola aliran DAS umumnya radial karena mereka lebih dipengaruhi oleh dominasi vulkanik. Di zona tektonik, pola aliran air menjadi tidak teratur, tergantung pada bentuk dan arah proses tektonik yang terjadi.

Selain itu, Tasikmalaya patut berbangga diri, karena memiliki keindahan alam yang amat menakjubkan dan juga masih alami. Salah satu pesona alam yang kini ramai dikunjungi yakni Curug Sawer yang terletak di Kampung Cibereum, Desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya. Air terjun ini memiiki, tinggi sekitar 50 meter dan lebar 10 meter, memiliki pesona yang mempesona. Bentuk aliran air yang terlihat seperti tirai adalah pemandangan yang merusak mata. Kondisi alam yang alami dengan bebatuan raksasa dan pohon-pohon rindang juga bisa menjadi pilihan untuk bersantai dari semua rutinitas sehari-hari.