Profil: Koto Tuo Limo Kampuang , Kota Payakumbuh, Sumatera Barat

0
90

Koto Tuo Limo Kampuang adalah Nagari yang berada di kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat, Indonesia. Topografi wilayah tersebut adalah kawasan berbukit dan bergelombang dengan tinggi tempat terendah di atas permukaan laut, dan kawasan tersebut berada sekitar 540 meter di atas permukaan laut. Di daerah ini, selain mengenal sistem kelurahan, wilayah ini juga mengenal sistem nagari. Nagari pada dasarnya tidak ubahnya sebuah kelurahan, karena secara administratif, ia berada di bawah kecamatan. Akan tetapi, secara administratif, nagari ini berada di antara kecamatan dan kelurahan. Di wilayah ini, dalam satu nagari, akan ada beberapa kelurahan. Dalam kecamatan Payakumbuh Selatan, terdapat 2 nagari, yang masing-masing terdiri dari 9 kelurahan. Nagari pertama bernama Nagari Lumbukan, yang memiliki 5 kelurahan di dalamnya. Sedangkan nagari yang ke dua adalah Nagari Aur Kuning, yang terdiri dari 4 kelurahan. wilayah Limo Kampuang ini termasuk ke dalam wilayah Nagari Limbukan. Limo Kmapuang terletak di bawah kaki Gunung Sago

Bila kita membicarakan wilayah Limo Kampuang, maka dengan secara langsung kita juga akan membahas tentang Nagari Limbukan. Kenagarian limbukan adalah sebuah nagari yang terletak kurang lebih 5km di sebelah selatan pusat kota payakumbuh , dan jika anda dari arah bukittinggi,maka letaknya kurang lebih 30 km ke arah utara.Kepengurusan adat di Nagari limbukan, termasuk pada wilayah Limo Kampuang ini, akan dipilih dalam sebuah acara Musyawarah Anak Nagari, yang terdiri 11 Suku. selama ini kegiatan dan pembinaan generasi muda di bawah bidang pemuda, atau yang disebut oleh masyarakat setempat adalah Pada Nagari.Sumber mata pencaharian masyarakat daerah ini, adalah bertani, nelayan dan juga berdagang, karena wilayah ini banyak digunakan sebagai kawasan transit.

Wilayah Limbukan, termasuk Limo Kampuang sangat terkenal dipayakumbuh dengan keramah tamahan dan sikap terbuka masyarakatnya terhadap orang luar,disamping sikap masyarakatnya yang terbuka,dan ramah. Wilayah ini juga terkenal sebagai daerah yang relatif aman di Payakumbuh. Pada wilayah ini dibangun sistem pergudangan modern, agar lalu lintas perdagangan berjalan lancar. Wilayah Limo Kampuang memiliki makanan khas, yang sedikit berbeda dengan wilayah di Sumatra Barat lainnya, seperti: botiah dan galamai, selain itu terdapat juga makanan khas lainnya seperti boreh rondang, kipang, rondang boluk, rondang tolua dan martabak tolua. Wilayah Limo Kampuang juga sudah memiliki kesadaran dalam hal kebersihan yang sangat tinggi. Selain sanitasi, hebatnya, kawasan ini telah memiliki tempat pengolahan limbah, yang di bangun pada kawasan Pasar Labuah.