Wisata Sehat di Suban Air Panas Curup

0
80

Provinsi Bengkulu juga mempunyai tempat pemandian air panas yang eksostis seperti di daerah lain di Indonesia. Adalah Suban Air Panas, letaknya di Desa Cawang Baru Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong.

Suban Air Panas, letaknya di Desa Cawang Baru Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong.

Kabupaten Rejang Lebong menjadikan objek wisata ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan daerahnya. Lantaran, letaknya sangat strategis berada tidak jauh atau sekitar 2 kilometer dari jalan lintas Bengkulu-Lubuk Linggau Sumsel. Dan hanya sekitar 6 kilometer dari Kota Curup kota madya kabupaten yang bertagline IDAMAN (Indah, Sejuk dan Aman) ini.

Akses untuk menuju ke objek wisata inipun sangat mudah, saat masuk pengunjung akan disediakan pemandangan perumahan penduduk yang asri dan pepohonan bambu yang rindang. Plus suara gemercik air yang mengalir dari daerah pegunungan.

Kolam pemandian terbagi menjadi dua , untuk anak-anak sedalam 70 cm dan untuk orang dewasa sedalam 2 m. Tak jauh dari kolam renang yang luas ini, terdapat tiga buah kolam kecil yang berisi air panas alami.

Walaupun terlihat sederhanal, selain rilek berendam di kolam, mata pengunjung juga akan dimanjakan dengan lukisan alam sekitar yang asri bersanding dengan tebing-tebing yang gagah ditumbuhi pepohonan yang rindang.

Juga alunan musik alam gemuruh air terjun yang dekat dari kolam pemandian air panas.

Kolam pemandian air panas ini spesial sekali. Karena selain menjadi lokasi relaksasi memanjakan tubuh, kolam pemandian air panas ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pengobatan. Masyarakat menyakini jika sumber air panas yang berasal dari Bukit Kaba ini dapat mengobati beberapa penyakit kulit, kejang otot, reumatik dan lainnya. Jadi selain berwisata, khasiat dari mandi air panas ini dapat dirasakan oleh pengunjung.

Selain itu, keindahan alam lainnya yaitu 2 air terjun yang dekat dari lokasi pemandian air panas tersebut dapat disaksikan oleh pengunjung juga. Jaraknya sekitar 300 meter, dan air terjun pertama mempunyai tinggi sekitar 50 meter dan air terjun kedua setinggi 15 meter.