Melihat Keindahan Kupu-kupu di Penang Butterfly Farm

0
362

Penang, Malaysia, tidak hanya terkenal akan pengobatan dan kuliner, tetapi juga tempat wisatanya. Salah satunya adalah Entopia, atau Penang Butterfly Farm. Sesuai namanya, terdapat koleksi kupu-kupu yang ditampilkan menarik secara indoor.

Bagi penyuka kupu-kupu, Penang Butterfly Farm, adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi saat berada di Penang. Taman indoor sekitar lebih satu hektare ini menyuguhkan keindahan berbagai jenis kupu-kupu dari berbagai belahan dunia.

Melihat Keindahan Kupu-kupu di Penang Butterfly Farm

Pengunjung bisa bermain dengan kupu-kupu ini secara bebas tanpa terhalang apa pun. Tempat ini membawa hasrat untuk menghubungkan manusia dengan alam, karena tempatnya seperti di dalam hutan.

Selain kupu-kupu, Penang Butterfly Farm juga mempunyai berbagai koleksi serangga dan aneka reptil. Kemudian, beragam bunga warna-warni yang cocok buat berswafoto.

Taman yang dibangun pada 1986 ini dan selesai direnovasi pada 2016 lalu, merupakan taman kupu-kupu pertama di daerah tropis yang dibuka untuk umum. Hal menarik lainnya adalah wisatawan juga bisa melihat proses metamorfosis kupu-kupu, mulai dari ulat, larva, sampai menjadi seekor kupu-kupu.

Penang Butterfly Farm terletak di Teluk Bahang, bagian utara Penang. Sekitar 20 kilometer dari ibu kota Penang, George Town. Jumlah kupu-kupunya sekitar 15.000 ekor dari 50 spesies jenis kupu-kupu yang ada di Malaysia.

“Jumlahnya sekitar 15.000 ekor dari 50 spesies. Kita selalu mengembangbiakkan kupu-kupu ini,” kata Kepala Pemasaran Entopia, May Ang, Jumat 16 Maret 2018.

Bahkan sejarah kupu-kupu juga ada ditempat ini. Apalagi, pengunjung akan disuguhi beberapa jenis kupu-kupu yang jinak.

Entopia, terletak di Jalan Teluk Bahang, 11050 Penang, Malaysia. Jika anda dari Pusat Ibukota Penang, Geroge Town, anda cukup menaiki bus dengan lama perjalanan sekitar 1 jam lebih.

Sementara itu, biaya masuk ke dalam ‘surganya kupu-kupu’ ini sebesar 65 Ringgit Malaysia atau Rp247.000 untuk dewasa. Bagi anak-anak 45 Ringgit atau sekitar Rp171.000.

Pesona lain Penang

Selain kupu-kupu, pengunjung juga dapat melihat aneka binatang lainnya, seperti kodok yang berukuran besar, bunglon, ular bakau, dan jenis reptil lainnya. Pengetahuan binatang tersebut juga tersaji di dalam entopia.

Jika pengunjung ingin mencari informasi binatang lainnya, di dalam entopia juga terdapat layar monitor bagi wisatawan yang ingin mengetahui lebih dalam jenis spesies yang di pelihara oleh Entopia.

Di samping itu, Chief Executive Officer Penang Global Tourism, Ooi Chok Yan menyebutkan, Penang bukan hanya dikenal sebagai daerah yang dikunjungi kala ingin berobat saja. Daerah ini juga memiliki lokasi wisata yang begitu eksotis.

Ooi Chok Yan juga mengatakan, “Di Penang banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi selain rumah sakitnya yang berkelas. Lokasi itu seperti Penang Hill, Street Art dan banyak lainnya.”