Kini Pendakian Gunung Ijen Kembali Dibuka Mulai 6 April

0
45

Mulai hari Jumat (6/4/2018), pendakian Gunung Ijen kembali dibuka. Pendakian ke Gunung Ijen sebelumnya ditutup lantaran adanya gas beracun semenjak hari Rabu (22/4/2018).

Pada hari Jumat (6/4/2018) dini hari Gunung Ijen resmi dibuka. Traveler boleh mendaki mulai jam 04.00 WIB-12 WIB.

Kepala Resort TWA Kawah Ijen Sigit Hari Wibowo mengatakan, pembatasan waktu tersebut berlaku untuk semua pendaki gunung Ijen baik wisatawan baik penambang belerang.

“Aktivitas pendakian hanya boleh dilakukan antara jam 4 pagi sampai jam 12 siang. Selain itu, juga ada larangan untuk pengunjung mendekati kawah dengan maksimal radius 1 kilometer dari bawah,” ungkap Sigit.

Dibukanya Kawah Ijen sesuai dengan Surat Edaran dari Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem BKSDA Jawa Timur, bernomor SE.05/K2/BIDTEK.1/KSA/4/2018, tentang Pembukaan Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Kawah Ijen.

Surat edaran ini sekaligus mencabut suat edaran sebelumnya nomor: SE.03/K2/BIDTEK.1/KSA/3/2018, tentang penutupan Kawah Ijen pada 23 Maret lalu.

Kini Pendakian Gunung Ijen Kembali Dibuka Mulai 6 April

Meski sudah tidak ditutup, wisatawan tidak diperbolehkan mendekati kawah.

Pengunjung hanya boleh mendekat ke radius 1 km dari Kawah Ijen.

Peraturan ini sudah sesuai dengan rekomendasi Pusat Vulkanologi dan Mitogasi Bencana Geologi (PVMBG).

Tidak hanya wisatawan, aktivitas penambangan juga harus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan yakni pukul 04.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

Tidak ada pembatasan pengunjung Gunung Ijen.

Tetapi, petugas akan ada yang menjaga pintu jalan masuk ke kawah. Itu untuk mencegah pengunjung yang turun ke Kawah Ijen.

Sementara itu, dilansir dari Surya, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, menyambut baik dibukanya kembali TWA Ijen ini.

Anas mengatakan wisatawan bisa datang ke Ijen tanpa khawatir dengan gas beracun.