Pasangan Sudrajat-Syaikhu Akan Beri Akses Modal Ke UMKM Dan Koperasi

0
91

Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat nomor urut 3, Sudrajat-Ahmad Syaikhu menyatakan akan memberikan akses modal kepada UMKM dan koperasi.

Hal ini disampaikan Sudrajat dalam Debat Publik Pertama Pilkada Jabar di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Institut Teknologi Bandung, Senin (12/3/2018) malam. Sudrajat menjawab pertanyaan tentang masalah “koperasi dan UMKM di era perdagangan bebas di Jawa Barat.

Menurut Sudrajat jumlah koperasi di Jawa Barat tidak lebih dari 20 persen. Kini jumlah itu semakin menurun lantaran kegagalan kepengurusan koperasi. “UMKM dan Koperasi harus memperoleh akses modal,” kata Sudrajat.

Selain itu, Sudrajat menambahkan, UMKM dan Koperasi perlu mendapatkan bimbingan dari pemerintah untuk mengembangkan usaha mereka. Mereka juga perlu diberikan sarana dengan dukungan teknologi.

Pasangan Sudrajat-Syaikhu Akan Beri Akses Modal Ke UMKM Dan Koperasi

Sementara itu cawagub Syaikhu berjanji untuk memperjuangkan koperasi dan UMKM di Jawa Barat. “Koperasi bangsa Indonesia diperjuangkan dengan UMKM juga akan diperjuangkan,” ucap Syaikhu.

Diketahui sebelumnya, pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu didukung tiga partai dalam Pilkada Jawa Barat 2018 yakni Partai Gerindra, PAN, dan PKS.

Adapun pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu akan bersaing bersama tiga pasangan lain Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul, TB Hasanuddin-Anton Charliyan, dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi.

Pada debat Pilgub Jabar 2018 semua pertanyaan dari tim perumus, terdiri dari 18 akademisi, akan diberikan kepada moderator. Tim perumus merupakan para guru besar dan dosen senior lintas keilmuan dan keahlian dari kampus ternama di Jabar yakni IPB, Unpar, Unisba, UI, UPI, Unpad, dan UIN SGD.