6 Tata Krama Yang Harus Dipatuhi Saat Memasuki Onsen Di Jepang

0
63

Ada banyak tata krama khusus yang perlu kamu ikuti di Onsen atau pemandian air panas di Jepang. Jadi tidak sembarang langsung masuk dan berendam.

Jika sampai tidak mematuhinya, maka bersiap mendapat cibiran atau peringatan dari penduduk lokal. Berikut aturan yang harus dilakukan sebelum masuk ke Onsen;

1. Mereka yang memiliki tato harus berhati-hati

6 Tata Krama Yang Harus Dipatuhi Saat Memasuki Onsen Di Jepang

Di Jepang, tato juga disebut “Ire-Zumi” dan tato sudah menjadi simbol gangster dalam waktu lama. Akhir-akhir ini, kebiasaan menggunakan tato justru populer di kalangan anak muda.

Tetapi jika kamu berniat memasuki Onsen, sebaiknya berpikir ulang, terutama jika memiliki tato. Banyak onsen dan sentosa yang menolak orang bertato menggunakan fasilitas mereka.

Atau mereka mungkin akan memintamu untuk menyembunyikan tato dengan plester atau hal-hal yang bersifat alami. Jadi lebih baik pastikan sebelum kamu melakukan perjalanan.

2. Lepaskan perhiasan dan siapkan plester jika memiliki bekas luka terbuka

Perhiasan dapat hilang dengan mudah di kamar mandi. Hal ini juga membahayakan jika ada seseorang yang menginjak perhiasan tersebut.

Juga tergantung pada bahan dalam air, termasuk sulfur yang dapat membuat perhiasan berubah warna. Jadi, untuk amannya, lebih baik dilepas.

Bagi mereka yang memiliki bekas luka terbuka, juga harus berhati-hati.

Meskipun beberapa onsen mengklaim, air mereka “efektif untuk bekas luka”, tidak berarti air bekerja seperti antiseptik. Ada kemungkinan bakteri masuk ke tubuh dari bekas luka.

Jadi, dalam situasi itu, mereka menyarankan untuk menutupi bekas luka itu dengan plester anti air.

3. Tidak ada pakaian dalam, baju renang, dan hanya handuk yang diperbolehkan ada di kamar mandi

6 Tata Krama Yang Harus Dipatuhi Saat Memasuki Onsen Di Jepang

Berada di onsen Jepang mengharuskan kamu menanggalkan semua kain yang melekat di tubuh. Kamu tidak diperkenankan mengenakan pakaian dalam atau pakaian renang.

Lepaskan pakaian sepenuhnya dan ambil kunci loker, handuk tubuh, sabun, dan sampo.

Lebih aman membawa handuk, sabun, dan sampo sendiri, tetapi di sebagian besar fasilitas onsen, kamu dapat menyewanya atau membelinya di meja resepsionis.

Sebagian besar onsen memiliki fasilitas sabun dan sampo yang siap di kamar mandi. Untuk memastikan, kamu bisa untuk bertanya di resepsionis.

4. Berendamlah di bak mandi setelah membersihkan tubuh

Ketika berada di onsen, ada satu etika dasar “tidak merusak air dalam bak” sehingga tabu untuk langsung masuk ke air. Rata-rata fasilitas onsen, ada “tempat mencuci” yang tersedia.

Kamu bisa berendam dan menggunakan banyak sabun serta cuci tubuhmu secara menyeluruh. Untuk wanita mengenakan makeup, lebih baik menghapusnya sebelum berendam ke air.

Ada baiknya keramas dulu sebelum masuk ke dalam air.

5. Jangan merendam handuk dan rambut di air

6 Tata Krama Yang Harus Dipatuhi Saat Memasuki Onsen Di Jepang

Merendam handuk dan rambut di dalam air dianggap sebagai hal yang tabu.

Jika memiliki rambut panjang, kamu bisa menggunakan karet dan mengikatnya.

6. Bersihkan rambut dan tubuh dengan handuk sehabis berendam

6 Tata Krama Yang Harus Dipatuhi Saat Memasuki Onsen Di Jepang

Sebelum kembali ke ruang loker, peras handuk dengan baik dan bersihkan sisa air dari seluruh tubuh. Akan dianggap sebagai perilaku kasar bila masuk kembali ke ruang ganti dengan air yang menetes dari tubuh dan membasahi lantai.

Tentu saja, jika kamu keramas, pastikan tak ada air yang tersisa di rambut sebelum kembali ke ruang loker.