Menentang Putusan Pengadilan, Kota Di Spanyol Boikot Israel

0
42

Sebuah kota di Valencia menyatakan dirinya sebagai ruang bebas apartheid Israel, menentang berbagai keputusan di Spanyol yang menyatakan memboikot Israel tindakan ilegal.

“Dewan Kota Sagunto, sebuah kota berpenduduk 64.000 jiwa, menyampaikan mosi yang menyatakan dirinya bagian dari kampanye Boikot, Divestasi dan Sanksi (BDS) terhadap Israel,” kelompok pro-Israel ACOM di Madrid mengatakan dalam sebuah pernyataan.

ACOM mengatakan sedang mempersiapkan tindakan hukum seperti dikutip dari The Times of Israel, Sabtu (30/6/2018).

Secara terpisah Pengadilan Tinggi di Asturias, utara Spanyol, minggu lalu memutuskan bahwa kebijakan dewan kota untuk memboikot Israel adalah inkonstitusional. Dewan Kota Castrillon menyampaikan mosi pada bulan Agustus dengan efektif memboikot Israel, bisnis dan perusahaan Israel yang berbisnis dengan Israel. Tetapi sebuah pengadilan daerah menunda mosi itu dan Pengadilan Tinggi membatalkannya, menyatakan mosi itu diskriminatif, organisasi Proyek Lawfare mengatakan.

Menentang Putusan Pengadilan, Kota Di Spanyol Boikot Israel

Sekitar 50 kota Spanyol sudah mengeluarkan resolusi dalam beberapa tahun terakhir mendukung BDS – lebih banyak dari di negara Eropa lainnya.

The Lawfare Project dan ACOM sudah berjuang melawan puluhan suara boikot terhadap Israel di pengadilan dan dalam pembicaraan dengan lembaga terkait. Aktivis pro-Israel sudah  memperoleh puluhan putusan, termasuk oleh pengadilan tertinggi, serta pendapat hukum dan perintah terhadap BDS di Spanyol, yang kebijakan peradilannya dalam beberapa tahun terakhir menyatakan BDS adalah bentuk diskriminasi.

Pekan lalu, sebuah gerakan yang dipromosikan oleh faksi partai kiri Podemos di Dewan Kota Valencia, kota ketiga terbesar di Spanyol dan kota pelabuhan timur utama, mengesahkan gerakan boikot terhadap Israel dan Valencia sebagai “zona bebas apartheid Israel.”

Pada bulan Mei, negara bagian Navarre secara resmi bergabung dengan gerakan BDS, dan meminta pemerintah Spanyol untuk menangguhkan hubungannya dengan Israel sampai negara itu menghentikan kebijakan penindasan kriminalnya terhadap penduduk Palestina.

Sementara pengadilan di Spanyol, termasuk Mahkamah Agung negara itu dalam tiga putusannya, sudah membatalkan total 17 gerakan boikot yang disahkan oleh pemerintah kota. Tujuh kota lain secara sukarela menghapus gerakan boikot mereka di bawah ancaman tindakan hukum oleh ACOM.