Beranda Gaya Hidup Bahayakah Terapi Ikan Garra Rufa ? Simak Sebagai Berikut !

Bahayakah Terapi Ikan Garra Rufa ? Simak Sebagai Berikut !

0
231
Terapi Ikan

Kamu pasti pernah melihat atau mungkin mencoba terapi ikan yang banyak ditawarkan di pusat-pusat perbelanjaan. Kamu diminta memasukkan kedua kaki ke kolam yang dihuni puluhan atau ribuan ikan-ikan kecil. Ikan seketika akan menggigit kulit ari di kaki Kamu dan menimbulkan sensasi geli. Konon, terapi ini menyehatkan karena ikan akan memakan sel-sel kulit mati. Terapi seperti ini biasa disebut fish pedicure atau fish spa. Namun, Trapi tidak selamanya baik

Biasanya, ikan yang digunakan untuk terapi adalah ikan garra rufa yang habitat aslinya dari Timur Tengah. Makanan alamiah ikan ini sebenarnya plankton dan tumbuhan. Mereka terpaksa makan kulit manusia karena hanya itu yang tersedia. Para ahli menyatakan ada risiko kesehatan saat melakukan terapi ini.

1.Tertular infeksi

Karena faktor biaya, tidak mungkin pemilik sarana terapi mengganti ikan baru untuk setiap pelanggan baru. Ikan yang sama akan digunakan berkali-kali, mungkin sampai ikan tersebut mati. Tidak ada jaminan Kamu tidak akan tertular infeksi melalui ikan maupun air bekas pakai berpuluh-puluh orang.

Ikan garra rufa adalah ikan yang didatangkan dari luar negeri dan sengaja dibuat kelaparan, sehingga mereka langsung makan kulit kaki pelanggan. Tes yang pernah dilakukan di Eropa tahun 2011 menemukan strain bakteri Streptococcus agalactaie grup B pada ikan garra rufa di tempat terapi. Bakteri ini dapat menyebabkan pneumonia, infeksi tulang dan sendi, serta infeksi darah.

2.Penyiksaan terhadap binatang

Di samping risiko kesehatan, praktik ini dapat dianggap sebagai penyiksaan terhadap ikan. Bayangkan saja, ikan-ikan kecil itu dibuat kelaparan, agar mau menggigiti kulit kaki manusia.

3.Isu lingkungan dan mengancam ekosistem

Menurut Departemen Perikanan dan Margasatwa Amerika Serikat, garra rufa dapat menjadi ancaman ekosistem tumbuhan dan hewan asli lokal jika dilepaskan ke alam liar, karena ikan ini ikan impor.

4.Ikan pengisap darah

Ini kasus yang berbeda lagi., Gengs. Kadang pemilik spa ikan tidak menggunakan ikan garra rufa karena mahal. Mereka mengganti dengan jenis ikan lain yang lebih murah dan lebih agresif, yang disebut chin-chin. Ikan asal Tiongkok ini terlihat mirip, tetapi memiliki gigi.