Bahan-Bahan Penting Untuk Menghilangkan Stretch Marks Sesudah Melahirkan

0
51
Ilustrasi Stretch Marks

Stretch mark adalah masalah umum yang ditemukan di kalangan wanita, khususnya mereka yang sudah melahirkan. Stretch mark bisa muncul di bawah perut, paha, pinggul, atau payudara.

Stretch marks bisa Berkembang Karena Perubahan Hormon disaat hamil. Tidak heran kalau setelah melahirkan, menghilangkan stretch marks jadi salah satu masalah yang paling sering dihadapi wanita. Simak Cara Menghilangkan stretch marks setelah melahirkan?

1. Minyak zaitun, castor, dan kelapa

extra virgin olive oil

Minyak zaitun berfungsi untuk melembapkan dan mengeksfoliasi kulit (mengangkat sel kulit mati). Pijatan dengan minyak zaitun bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan menyamarkan stretch marks. Cara penggunaannya:

  • Ambil sedikit minyak di telapak tangan dan pijat lembut di area yang muncul stretch mark
  • Diamkan selama 30 menit agar vitamin A, D, dan E dalam minyak terserap ke dalam kulit
  • Mandi setelah dipijat
  • Lakukan secara teratur

Selain itu, Anda juga bisa mencoba menggunaakn minyak castor. Cara menggunakannya:

  • Oleskan minyak castor pada tangan dan pijat lembut area yang mengalami stretch marks tersebut. Lakukan gerakan pijat memutar sekitar 5-10 menit
  • Tutup area tersebut dengan kantong plastik bersih dan tempelkan botol air panas di atasnya selama 30 menit. Gerakkan botol tersebut, tidak hanya pada satu area saja. Panas akan membuka pori-pori dan minyak bisa lebih mudah terserap ke dalam pori-pori.
  • Bersihkan area yang diberikan minyak dan ulangi setiap hari.

Minyak kelapa juga bisa digunakan untuk membantu menghilangkan stretch marks. Cara menggunakannya:

  • Ambil minyak kelapa murni secukupnya dan oleskan ke bagian stretch marks.
  • Pijat bagian stretch mark dengan minyak ini selama setidaknya 30 menit.
  • Lakukan secara teratur.

2. Madu

minum madu

Anda juga bisa menghilangkan stretch marks menggunakan madu asli. Madu bersifat sebagai antiseptik untuk mengurangi stretch marks. Anda bisa menggunakan madu sebagai scrub. Campurkan madu dengan garam dan gliserin. Kemudian oleskan pada bagian garis halus yang ingin Anda hilangkan. Biarkan hingga kering dan bilas bersih menggunakan air.

 

3. Gula

mitos tentang gula

Anda juga bisa memudarkan warna stretch marks dengan menggunakan gula di rumah Anda. Jadikan gula sebagai scrub yang akan mengangkat sel kulit mati di atas stretch mark Anda sehingga warna stretch mark akan semakin pudar. Caranya:

  • Ambil satu sendok teh gula, campurkan dengan minyak pijat dan beberapa tetes perasan lemon.
  • Gosokkan campuran tersebut setiap sebelum mandi.
  • Lakukan ini secara teratur sebelum mandi dan membilas tubuh.

4. Perasan lemon

air lemon untuk maag

Sifat asam dari lemon ini yang bisa membantu membersihkan stretch mark. Cara menggunakannya cukup mudah, gosokkan saja perasan sari lemon selama 10 menit pada area yang ada stretch mark. Kemudian bilas menggunakan air hangat. Lakukan yang rutin untuk hasil yang maksimal.

5. Lidah buaya

Aloe vera atau lidah buaya membantu mempercepat proses penyembuhan dan memiliki efek yang menenangkan kulit. Anda bisa menggunakan gel lidah buaya untuk membantu mempercepat proses memudarkan stretch marks. Caranya cukup gosokkan langsung gel lidah buaya ke kulit dan diamkan selama 15 menit. Selanjutnya, bilas dengan air hangat.