Makanan Yang Pedas Bisa Membuat usus buntu ? Ini Lah Penjelas Dokter

0
94

Membayangkan penyakit saluran cerna usus buntu, menyiksa banget pastinya, karena dapat dikatakan ini adalah penyakit yang serius.

Banyak masyarakat menganggap penyakit usus buntu disebabkan makan makanan yang pedas.

Pada kenyataannya apakah benar demikian? Menurut Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, spesialis penyakit dalam sekaligus Ddekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia hal itu tidak ada hubungannya sama sekali.

“Penyebab usus infeksi usus buntu multi faktor. Pada prinsipnya tidak ada makanan tertentu yang bisa menyebabkan usus buntu. Termasuk makanan pedas yang seringkali dianggap menjadi penyebabnya,” Pungkas Dr Ari Fahrial.

Menurutnya penyebab dari usus buntu multi faktor dan tidak ada makanan tertentu yang dapat menyebabkan usus buntu termasuk makanan pedas.

Ia juga menjelaskan bahwa usus buntu dapat terjadi karena makanan yang tidak higienis bahkan kotoran yang ada di dalam usus itu. “Penyebabnya bisa apa saja, seperti makanan yang tidak higienis dan kotoran yang ada di dalam sendiri,” ucapnya.

Jadi mulai sekarang harus pastikan apakah makanan yang kita makan higienis atau tidak. Lalu meski kita juga jadi tahu bahwa makan makanan pedas tidak memicu usus buntu, ada baiknya jangan berlebihan sebab segala sesuatu yang berlebihan akan tidak baik.