Cara Merawat Wajah Untuk Pria, Simpel

0
148
Pria juga membutuhkan perawatan wajah agar kulit tetap terjaga.

Kesehatan kulit kini tidak hanya menjadi perhatian kaum hawa. Para pria pun saat ini juga mulai menyadari pentingnya melakukan perawatan kulit. Bisa dibilang, perawatan kulit sudah menjadi gaya hidup khususnya di kalangan masyarakat urban.

“Hal yang paling sering dikeluhkan pria yaitu kulit berminyak, dan bekas jerawat,” pungkasnya ahli dermatologi, dr R. Roger Aruan SpKK, dalam acara peluncuran Nivea Men Deep, beberapa waktu lalu.

Salah satu cara mudah mengatasi berbagai permasalahan kulit wajah pria ini adalah dengan rajin membersihkan wajah. Berbeda dengan perempuan, perawatan kulit pria sejatinya lebih mudah dan sederhana karena mereka tidak dipengaruhi oleh hormon.

Selain kulit berminyak dan bekas jerawat, pori-pori wajah membesar adalah permasalahan lain yang juga sering dikeluhkan pria. Menurut Roger, pori-pori membesar terbentuk karena produksi minyak berlebih. Jika dibiarkan akan membuat kuman mudah masuk dan menyebabkan permasalahan kulit lainnya.

Pria yang aktif beraktivitas di luar ruangan harus rajin membersihkan wajah menggunakan sabun pembersih wajah minimal dua kali sehari. Beberapa pria ada yang rutin juga nelakukan scrubbing. Namun, menurut Roger, perawatan ini tidak begitu dianjurkan karena pada prinsipnya kulit bisa melepaskan sendiri daki-daki yang menempel.

Selain itu, pria juga sangat jarang menggunakan produk kimia pada kulit wajahnya. Jadi kondisi kulitnya jauh lebih baik dari perempuan. Namun, sebagai organ lapisan terluar, kulit menahan banyak kotoran seperti debu dan polutan. Inilah yang harus rajin dibersihkan.

“Siklusnya secara normal terjadi setiap 28 hari. Jadi tidak perlu juga scrubbing, tapi kalau memang mau scrubbing cukup lakukan satu kali sebulan,” tuturnya Roger.