Penyebab Penyakit Kulit dan Kutu air

0
256

Pernah mendengar penyakit kutu air? Kutu air termasuk salah satu penyakit kulit yang biasanya menyerang area kaki, tapi tak jarang juga dapat menyebar sampai ke tangan. Nah, sudah tahukah Anda apa penyebab kutu air itu?


Perkembangan jamur adalah penyebab kutu air

Kutu air, atau dalam istilah medis disebut dengan tinea pedis, adalah masalah yang timbul pada kulit di area kaki. Dalam beberapa kasus, kutu air bahkan bisa menyebar hingga ke kulit bagian tangan.

Jangan salah, awal mula penyebab kutu air bukanlah karena kutu, melainkan karena adanya jamur yang mendiami jaringan kulit, rambut, maupun kuku di bagian kaki atau tangan. Trichophyton, T. interdigitale, dan Epidermophyton floccosum merupakan sekelompok jamur penyebab kutu air, yang dinamakan dermatofita.

Jamur tersebut akan berkembang di kulit kaki atau tangan Anda sehingga mengakibatkan kulit terasa kering, gatal, iritasi, serta mengelupas.

Sebenarnya, jamur yang menyebabkan kutu air bisa hadir kapan pun dan sifatnya tidak terlalu berbahaya selama kulit Anda kering dan bersih. Namun sebaliknya, jika kulit tangan atau terutama kaki berada dalam kondisi basah, lembab, dan hangat; maka akan mempercepat perkembangan jamur dermatofita. Ini karena lingkungan yang lembap dan suhunya hangat sangat disukai jamur untuk berkembang biak.

Jamur ini juga akan membuat kuku rusak karena mengganggu fungsi keratin, yang merupakan protein pada kuku.


Hati-hati, penyakit kutu air ternyata bisa menular!

Jamur yang tinggal dan berkembang di kaki penderita kutu air bisa saja menular di kaki orang lain. Terutama ketika orang tersebut memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Risiko Anda mengalami kutu air juga akan semakin meningkat jika tertular jamur dari penderita kutu air, disertai dengan kondisi kaki yang lembap.

Selain itu, penularan kutu air akan lebih mudah bila Anda memiliki luka terbuka di kaki, melakukan kontak langsung antar kulit dengan orang yang kena kutu air, serta sering berjalan tanpa alas kaki alias nyeker.

Tidak hanya itu, Anda juga harus lebih berhati-hati saat meminjam barang-barang pribadi dari penderita kutu air. Misalnya pakaian, handuk, sepatu, kaos kaki, ataupun seprai. Pasalnya, barang-barang tersebut berpotensi untuk menularkan jamur penyebab kutu air meski secara tidak langsung.