KPK Benarkan Ketum PPP Diciduk Saat OTT Di Jawa Timur

0
32
KPK Benarkan Ketum PPP Diciduk Saat OTT Di Jawa Timur (rakyatdigital.com)
KPK Benarkan Ketum PPP Diciduk Saat OTT Di Jawa Timur

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan menciduk salah satu petinggi partai politik. Adalah Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), M Romahurmuziy yang diciduk dalam operasi tangkap tangan (OTT), Jumat (15/3/2019).

Seorang sumber yang enggan disebut namanya, membenarkan bahwa pria yang akrab disapa Romi itu diciduk sekitar pukul 09.00 WIB, di Kantor Wilayah Kementerian Agama Sidoarjo.

“Dari sumber A1. Kejadiannya jam 09.00 di Kanwil Kementerian Agama Sidoarjo. Yang ditangkap Romi,” katanya kepada wartawan.

Tetapi hingga kini, pihak KPK sendiri belum mengeluarkan pernyataan terkait penangkapan Romi. Saat ini Romi tengah menjalani pemeriksaan di Markas Kepolisian Daerah Jawa Timur, Jalan Jenderal Ahmad Yani, Surabaya.

KPK Benarkan Ketum PPP Diciduk Saat OTT Di Jawa Timur (rakyatdigital.com)
KPK Benarkan Ketum PPP Diciduk Saat OTT Di Jawa Timur

Pemeriksaan yang dilakukan KPK di Mapolda Jatim setelah penangkapan, akan menentukan apakah pihak-pihak yang diamankan dalam OTT, akan ditetapkan menjadi tersangka atau dilepas. KPK memiliki waktu 1 x 24 jam setelah penangkapan untuk memastikan status hukum pihak-pihak yang diamankan dalam OTT.

Biasanya, mereka yang ditetapkan sebagai tersangka akan langsung menjalani penahanan.

Sebelumnya, KPK dikabarkan menciduk seorang ketua umum partai politik dalam sebuah operasi tangkap tangan (OTT), Jumat (14/3/2019). Ketua umum partai politik yang masih dirahasiakan namanya ini, dikabarkan ditangkap di Jawa Timur, dan hingga kini masih menjalani pemeriksaan di Markas Kepolisian Daerah Jawa Timur, Jalan Jenderal Ahmad Yani Surabaya.

Kemudian, kabar mengenai penangkapan salah satu ketua umum partai politik tersebut dibenarkan oleh salah seorang penyidik KPK. Saat dikonfirmasi mengenai penangkapan salah seorang ketua umum partai politik tersebut, penyidik KPK ini membenarkan.

“Iya mas, (ditangkap) di Jawa Timur,” katanya.

Sementara, salah seorang penyidik KPK lainnya juga membenarkan bahwa ketua umum partai politik yang ditangkap tersebut tengah menjalani pemeriksaan di Mapolda Jatim. KPK lantas meminjam salah satu fasilitas ruangan di Mapolda Jatim untuk memeriksa sejumlah pihak yang diamankan dalam operasi tangkap tangan (OTT) kali ini.

“Yang bersangkutan sedang diperiksa di Polda Jatim,” tutur penyidik tersebut.

Lebih lanjut, KPK sebelumnya pernah meminta Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy alias Romy, kooperatif memenuhi panggilan penyidik. Hal tersebut dikarenakan Romi terkait perkara suap usulan dana perimbangan daerah tahun anggaran 2018.

Kasus yang diawali dari Operasi Tangkap Tangan (OTT) ini kemudian terus dikembangkan KPK hingga ke sejumlah anggota DPR, pejabat Kemenkeu, ataupun pejabat daerah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here