Gubernur Sumbar: Prabowo Menang Telak 87% Atas Petahana

0
71
Gubernur Sumbar: Prabowo Menang Telak 87% Atas Petahana (rakyatdigital.com)
Gubernur Sumbar: Prabowo Menang Telak 87% Atas Petahana

Pemilihan Presiden 2019 telah usai digelar namun penghitungan suara dan entry data di situng Komisi Pemilhan Umum (KPU) masih berlangsung. Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno unggul telak dari petahana, Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin di Sumatera Barat (Sumbar).

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Irwan Prayitno dalam sebuah video bersama Ketua Divisi Komunikasi Publik DPP Demokrat, Imelda Sari, Jumat (26/4).

“Dari real count yang kami lakukan di PKS, itu sudah mendapatkan 12,8 persen untuk Bapak Jokowi. Tentu sisanya sekitar 87 persen untuk Bapak Prabowo 02,” ujar Irwan dalam video tersebut.

Meski baru berdasarkan perhitungan internal, tetapi real count Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang tidak lain partai pengusung Irwan ini sejalan dengan persentase hitungan suara Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Gubernur Sumbar: Prabowo Menang Telak 87% Atas Petahana (rakyatdigital.com)
Gubernur Sumbar: Prabowo Menang Telak 87% Atas Petahana

Di situs resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang diakses sekitar pukul 15.40 WIB, pasangan Prabowo-Sandi unggul telak dengan persentase di atas 80 persen. Sedangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf di bawah 20 persen.

“Insya Allah nanti kalau sudah penetapan, masyarakat Minang bisa melakukan syukuran,” kata Imelda menambahkan.

Sementara itu, Kepala Biro Humas pemerintah provinsi Sumatera Barat, Jasman Rizal membagikan klarifikasi terkait ramainya pemberitaan yang mengatakan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno memohon supaya Presiden Joko Widodo jangan menganaktirikan daerahnya karena suara Jokowi – Ma’ruf rendah di Sumbar.

Jasman mengatakan, Irwan tidak mengatakan yang memohon jangan menganaktirikan Sumbar karena hasil quick count yang memenangkan Prabowo–Sandiaga di wilayah tersebut.

”Berkaitan dengan viralnya pemberitaan tentang perkataan Gubernur Irwan Prayitno tentang jangan anak tirikan wilayah, mampu kami sampaikan Gubernur IP tidak melaporkan secara langsung tentang jangan anak tirikan wilayah yang tidak menunjang presiden terpilih, ” ujar Jasman lewat penjelasan tertulis, Rabu (24/4).

Hanya saja, menurut Jasman ada wartawan yang sembari bercanda bertanya dengan kalukat, ” pak gubernur hampir terdapat tidak harus nantinya anak tiri dan juga anak kandung oleh presiden terpilih bila seandainya sesuatu wilayah suaranya kalah? “tanya wartawan itu.

Hal itu terjadi saat wawancara di sela-sela aktivitas Gubernur memantau beberapa TPS di hari pemungutan suara, Rabu (17/4) minggu kemudian. Kebetulan Jasman saat itu turut mendampingi Irwan berkunjung ke sebagian TPS di kota Padang.